ada banyak rasa saat coding. ada keringat dan air mata dalam mencoding. keringat saat kau berusaha menyelami makna dalam setiap ilmu coding. dan air mata disaat tiada orang yang dapat membantumu, ketika program dalam keaadaan bugging. apapun rasa dalam mencoding. cobalah untuk mengerjakan sendiri. sampai kau bisa. dan benar-benar bisa.

Tentang Coding

ada banyak rasa saat coding.
ada keringat dan air mata dalam mencoding.
keringat saat kau berusaha menyelami makna dalam setiap ilmu coding.
dan air mata disaat tiada orang yang dapat membantumu, ketika program dalam keaadaan bugging.
apapun rasa dalam mencoding.
cobalah untuk mengerjakan sendiri.
sampai kau bisa.
dan benar-benar bisa.

Halo. selamat datang dalam blog ini :)
Blog ini sempat bermetamorfosa sekian kali. Ia berubah-ubah bentuk, berubah-ubah nama, dan berubah-ubah konsep. Semuanya ini bermaksud agar blog semakin dekat dengan para pembaca

Kenapa coding ?
Ya, Mengapa saya memilih nama Blog ini "Coding"
Hidup dalam dunia Informatika, membuat saya tidak lepas dengan apa yang namanya coding =D
Ya. coding
Didalam setiap sub cabang informatika, pasti ia membutuhkan skill "coding". jangan takut, ini tidak susah.
seperti puisi saya diatas, Coding punya banyak rasa. Saat anda mencoding, anda akan merasakan indahnya algoritma. dan saat mencoding, anda akan merasakan hebatnya neurotransmitter yang berkerja keras pada setiap sinapsis otak anda. anda akan tertarik untuk menyelesaikan (solved) sebuah program.
Namun, tidak semuanya berjalan dengan lancar. Ya, "coding" itu seperti kehidupan. Ada Keringat saat mencoding. Mengapa demikian ?
contoh simpelnya, anda adalah seorang newbie yang belum mengetahui banyak konsep tentang bagaimana cara memogram dan sekilas bahasa pemrograman. Lalu anda diberi sebuah soal untuk diprogram. Maka mau tidak mau, untuk menyelesaikan soal itu anda harus memahami konsep dasar terlebih dahulu. bacalah sebuah teori pada literatur buku atau bacaan dari sumber-sumber internet.
Ada air mata juga didalamnya.  mencoding tidak semudah anda menulis code-code yang tidak berarti. bahasa pemrograman (syntax) ini akan saling berhubungan, membentuk sebuah code yang berfungsi sebagai intruksi pada prosesor untuk membuat dan menjalankan sebuah program. mencoding tidak mudah. program akan sering mengalami bugging (eror).
apapun rasa dalam mencoding. cobalah untuk mengerjakan sendiri. Ya, tanamkan quote ini pada diri masing-masing pembaca. Jangan pernah mencoba untuk mencopas, membacem, atau menjiplak code orang. anda hanya boleh mempelajari algoritmanya, tapi jangan menggunakan budaya copy-paste saat tugas coding diberikan. memang ini terlihat keras dan menyakitkan, tapi percayalah :) semua adalah untuk kebaikan anda. semua ini adalah untuk melatih anda
tidak ada manusia yang kuat, bila tidak sering ada badai yang datang

berlatihlah untuk berfikir sendiri. bagaimana cara memecahkan soal tersebut. lalu carilah sebuah algoritma. bila anda belum memahami konsep, jangan mencoding dulu. tetapi mulailah dengan membaca konsep dasar yang ada pada buku.
sampai kau bida. dan benar-benar bisa


Okey, saya tidak tahu siapakah anda :) namun yang jelas, baik anda seorang calon programer, programer, ataupun bukan, anda semua para pembaca boleh belajar coding
karna coding itu asyik
banyak rasa saat mencoding


-Ayufow. Mahasiswi Teknik Informatika ITS - 

2 comments:

seraph said...

Wuih, masa ngoding sampe nangis" sih?? :|
Perasaan aq dari dulu ngoding ga pernah sampe nangis deh.. :p

~ Seraph (Alumni Informatika ITS 2008).. :p

Coding said...

ooh meeenn dikomen sama mas fendy >.<
ampuuuuun mas ampun heheheheh
makluuum kalau yg ngoding saya mungkin butuh mengeluarkan air mata hahahaha....
maklum ga bs apa2 mas >.<