ada banyak rasa saat coding. ada keringat dan air mata dalam mencoding. keringat saat kau berusaha menyelami makna dalam setiap ilmu coding. dan air mata disaat tiada orang yang dapat membantumu, ketika program dalam keaadaan bugging. apapun rasa dalam mencoding. cobalah untuk mengerjakan sendiri. sampai kau bisa. dan benar-benar bisa.

Saturday 27 August 2011

Sistem dan Teknologi Informasi

sumber : Heny Panca Wijayanto. 2006. Diktat Kuliah Sistem Komputer. Purwokerto : STIK Yos Sudarso Purwokerto dan http://apr1l-si.comuf.com/SI.pdf


pengenalan sistem komputer
sistem komputer : 
adalah elemen yang terkait untuk menjalankan aktifitas komputer.


Komputer adalah sebuah mesin yang dapat diprogram menerima input,
memprosesnya untuk menghasilkan output, dan menyimpannya
ke media penyimpan (Secondary Storage).


hardware komputer
adalah peralatan dalam bentuk fisik


komponen dasar komputer :
a. motherboard : memori utama, video card, RAM
b. CPU : prosecor, yang digunakan untuk menjalankan instruksi
c. chasing
d. memori : utk penyimpanan. contoh : RAm dan ROM
e. monitor: sebagai output device
f. hard disk : penyimpan data dan portabel disket
g. floopy drive perangkat penyimpan
h. CD room : piringan optik untuk menyimpan data digital
i. VGA card : utk menerjemahkan output device
j. keyboard : utk ngetik
k. mouse (bukan tikus lo)
komponen tambahan :
a. sound card : perangkat keras utk menimbulkan suara
b. lan card : utk menyambungkan dua komputer
c. CD / DVD writer
d. card reader
e. micropone
f. camera


sotfware komupter
yaitu perangkat lunak untuk memerintahkan komputer utk melakukan sesuatu.
dibagi menjadi 2 yaitu : (masing-masing perbedaannya jelas)
1. software sistem
   contoh : DOS, Linux, Windows, FreeBSD, Mac OS, Be OS, Windows CE
2. software aplikasi
   contoh : microsoft word, SPSS, myOB, Kword, Peachtree
   software orientasi
   a. pengolah kata : microsoft word
   b. data sheet : excel
   c. database : access
   d. grapik : adobe photosop
   e. komunikasi : opera, mozila, IE, netscape
   f. office suite : star office, microsoft office, open office



Software berdasarkan cara mendapatkannya : 
1. Freeware : didapatkan secara gratis 
2. Shareware  : didapatkan secara gratis tetapi biasanya pembuat program mengharapkan kontribusi 
3. Commercial : digunakan oleh pengguna pada umumnya, biasanya dibeli. Biasanya dikemas dalam sebuah box (kotak) yang berisi CDRom/Disket dan buku panduan. 



brainware
yaitu : orang yang menggunakan komputer

pengenalan sistem informasi
definisi sistem informasi : suatu sistem yang mampu menyediakan informasi bagi penggunanya
komponen sistem informasi :
1. orang = operatornya
2. prosedur = yaitu buku panduan dan instruksi
3. perangkat keras
4. perangkat lunak
5. basis data
6. jaringan komputer
7. komunikasi data

penerapan sistem  informasi
kita bisa membuat PPDB Surabaya, SIM PSB, SIM Akademik

Aljabar Linear


sumber : D.Suryadi dan S.Harini Machmudi. 1984. Teori dan Soal Pendahuluan ALJABAR LINEAR. Jakarta : Ghalia Indonesia

sistem persamaaan linear dan matrix
Matrix
definisi : adalah himpunan skalar yang disusun secara empat persegi panjang
[  ] atau (  )
Notasi : diberi nama huruf besar seperti A, B, C, D
Ordo : banyak baris dan kolom yang dimiliki matrix. Amxn berarti matrix A berordo m x n , memiliki m baris dan n kolom.
Matriks Transpose
adalah matriks yang diperoleh dari perpindahan baris menjadi kolom atau sebaliknya
Sifat sifat Matrix transpose :
( A + B )T = AT + BT  ; A dan B  berordo sama
(AT)T = A
B (AT) = B(A)T
(A B)T = BTAT

Bahasa Inggris

sumber : Elang Yudantoro. 2010. Rangkuman Bahasa Inggris SMA . Jakarta : gagas media


jenis-jenis teks bahasa inggris
a. narrative
purpose : to entertain, amuse
generic structure : orientation - complication - resolution
b. recount
purpose :  to tell the readers what happened in the past through
generic strusture : orientation - events - evaluation - reorientation
c. description
purpose : to describe particular thing
generic strusture : identification - description
d. report
purpose : to describe the way things are
generic structure : general classification - identification
e. discussion
purpose : to discuse, compare
generic structure : issue - pro arguments - con arguments - summary
f.analytycal exposition
purpose : to persuade by representing arguments
generic structure : thesis - arguments - reiteration
g.hortatory exposition
purpose : to persuade the reader that something should or should not be teh case
generic structure : thesis - arguments - recommendations
h. procedure
purpose : to help readers do a task
generic structure : goal - materials - steps
i.explanation
purpose : to inform the readers
generic structure : introduction - sequence - explanation; how and why
j.news item
purpose : to inform the raders about events are newsworthy
generic structure : newsworthy event - background events - source
k.review
purpose : to critisize
generic structure : orientation - evaluation - interpretative recount - summary
l.anecdote
purpose : to entertain the readers
generic structure : intoduction - crisis - events - coda - evaluation
m.spoof
purpose : to tell an evemt woth humorous twist
generic structure : orientation - events - twist

pentingnya Vocabulay dalam Penguasaan kemampuan Bahasa Inggris
triknya :
1. banyak baca teks berbahasa inggris
2. buatlah "Vocab Bank"
3. bermain games yang berkaitan dengan peningkatan kosa kata

Model membaca Skimming
definisi : digunakan untuk mendapatkan gagasan utama dari sebuah teks. Kecepatan membaca secara skimming biasanya sekitar 3-4 kali lebih cepat dari membaca biasa.
strategi :
  1. Baca judul, sub judul dan subheading
  2. Perhatikan ilustrasi (gambar atau foto)
  3. Baca awal dan akhir kalimat setiap paragraph
  4. Jangan membaca kata per kata
  5. Lanjutkan dengan berpikir mengenai arti teks
Model membaca Scanning
definisi :digunakan untuk mendapatkan informasi spesifik dari sebuah teks dan berkaitan dengan menggerakan mata secara cepat keseluruh bagian halaman
strategi :
  1. Perhatikan penggunaan urutan 
  2. cari kata yang dicertak berbeda
  3. carik kata kunci
Grammar



Sunday 21 August 2011

Sistem Digital

        I.           sumber : Eko Budi Purwanto. 2011. Teori dan Aplikasi Sistem Digital. Yogyakarta : Graha Ilmu


Sistem Sistem Bilangan
1.      Penjelasan sistem digital dan analog
·         Sistem analog adalah sistem yang kuantitasnya diwakili tegangan, arus, gerakan meter yang sebanding dengan kuantitasnya dan bergerak secara kontinu. Contohnya : spidometer di motor
·         Sistem digital adalah sistem elektronika yang setiap rangkaian penyusunannya diolah melalui sinyal diskrit dan kuantitasnya diwakili oleh symbol-simbol yang disebut digit. Contoh: jam digital
·         Sistem digital hanya mengenal 2 kuantitas, yang disebut logika. Logika 1 mewakili hidup, logika 0 mewakili mati. Biasanya disebut sistem biner (0,1). Jadi logika sistem digital Cuma mempunyai 2 arah seperti gambar dibawah ini :
·         Keuntungan sistem digital :
a)      Kesederhanaan caranya
b)      Kecepatan, kecermatan, dan kemampuan memori yang lebih besar
c)      Tidak mudah terpengaruh oleh perubahan karakter listrik komponen sistem
d)      Kemampuan pemrograman lebih mudah (mudah di desain)
e)      Ekonomis jika dilihat dari segi IC
f)       Pengendalian dapat bersifat hybrid
2.      Sistem bilangan
·         Bilangan decimal
Adalah bilangan yang memiliki basis 10
Yaitu 0,1,2,3,4,5,6,7,8,9 (r=10)
·         Bilangan biner
Bilangan yang mempunyai basis 2
Yaitu 0 dan 1 (r=2)
·         Bilangan octal
Bilangan yang memiliki basis 8
Yaitu 0,1,2,3,4,5,6,7 (r=8)
·         Bilangan heksadesimal
Bilangan yang memiliki basis 16
Yaitu 0,1,2,3,4,5,6,7,8,9,A,B,C,D,E,F (r=16)
3.      Konversi antar sistem bilangan
·         Bilangan Decimal ke biner
Bil. Biner dicari dengan bil. Decimal dibagi 2 seterusnya
Contoh : N = 2310 jadikan bil.biner
23        :           2          =          11        sisa      1
11        :           2          =          5          sisa      1
5          :           2          =          2          sisa      1
2          :           2          =          1          sisa      0
1          :           2          =          0          sisa      1
N = 2310   =   101112 (Hehe, aku bisa loch)
·         Bilangan Biner ke decimal
N=101112 dijadikan ke decimal, maka :
            1          0          1          1          1
            24         23         22         21         20  x
            16        0          4          2          1    
Semua dijumlah = 16+4+2 = 23 (alhamdulilah sama)          
·         Bilangan decimal ke octal
Bil.desimal dicari dengan membagi 8 seterusnya pada bil.octal
N=428110 dijadikan bilangan octal
·         Bilangan octal ke decimal
·         Bilangan decimal ke heksadesimal
74210 dijadikan ke bil.heksadesimal
742     :           16        =
·         Bilangan heksadesimal ke decimal
Mengkonversikan 2C616 ke dalam bil.desimal
C = 14
2C616 =           2          14        6
                       162              161       160 x
                       512      224      6  
Lalu dujumlahkan : 512 + 224 + 6 = 742
·         Bilangan biner ke octal
Bil.octal dicari dengan cara membagi/mengelompokan bil.biner menjadi 3, 3 bagian dari kanan
N = 1101110110
1          1          0          1          1          1          0          1          1          0
1                      5                                  6                                  6
Jadi 11011101102 = 15668
*   Bilangan octal ke biner
Bil.biner dicari dengan mengelompokan tiap bit menjadi 3 bagian dari kanan
(kebalikan dari cara biner ke octal)
N = 15668 jadikan ke bil.biner
1                      5                                  6                                  6
1          1          0          1          1          1          0          1          1          0
Jadi 15668 = 110111001102
*   Bilangan biner ke heksadesimal
Bil.hexadesimal dicari dengan mengelompokan tiap bit menjadi 4 bagian dari kanan
N = 11011101102
1          1          0          1          1          1          0          1          1          0
       3                                  7                                             6
Jadi 110111001102 = 37616
*   Bilangan heksadesimal ke biner  
Contoh: 2C616 = …..2
            2          C          6
            0010    1100    0110   =  10110001102
4.      pengkodean
      II.            Aljabar Boole dan penyederhanaan fungsi Boolean
    III.            Rangkaian kombinasional
    IV.            Synchrous Sequential Logic
      V.            Register, Counter, dan Memori
    VI.            Algorithmic Satate Machine (ASM)
  VII.            Asynchronous Sequential Logic (ASL)