ada banyak rasa saat coding. ada keringat dan air mata dalam mencoding. keringat saat kau berusaha menyelami makna dalam setiap ilmu coding. dan air mata disaat tiada orang yang dapat membantumu, ketika program dalam keaadaan bugging. apapun rasa dalam mencoding. cobalah untuk mengerjakan sendiri. sampai kau bisa. dan benar-benar bisa.

Sunday 2 March 2014

Angkot The Game : Kudatangi Lagi, Tarik Mang!!


Klasifikasi
Genre               : Simulasi
Platform           : Online, PC
Release Date    : 1 Desember 2013
ERSB Rating    : Everyone 10+
Publisher          : Oray Studios, Inmotion Digital
Developer        : Oray Studios, Inmotion Digital

Tentang "Angkot The Game"
merupakan sebuah game modern yang mampu mengemas perjuangan sopir angkot di Kota Bandung. Jadi pada game ini Anda dapat merasakan suka duka di dunia Angkot yang kerap ugal-ugalan karena terpaksa, demi mengejar setoran harian. Terminal
Potret Angkot Kota
Dalam ATG, Anda bermain sebagai pengendara angkutan perkotaan (angkot) untuk mengumpulkan uang. Uang ini bisa digunakan untuk memberikan upgrade mobil

Permainan ini memiliki sistem kepuasan penumpang yang akan menentukan jumlah bayaran yang akan Anda dapatkan, juga terdapat fitur upgrade sparepart  hingga aksesori mobil angkot yang bisa Anda beli di bengkel.

yang menarik adalah sistem Radio Angkot yang diusung developer sebagai medium unjuk gigi para musisi yang ingin karyanya diperdengarkan selama game dimainkan. Radio ini juga berfungsi untuk menghibur Anda sebagai sopir Angkot.

Diliput dalam Omega Magazine, game ini telah memenangkan award Best Local PC Game Of The Year 2013

Skenario
Permainan ini dimainkan dengan menjalankan angkot melintasi rute yang sudah ditentukan sebelumnya. Mobil yang kita kendarai harus melaju ke checkpoint untuk mendapatkan waktu tambahan, tidak lupa untuk berhati-hati dengan kendaraan lain yang melintas. 

Tidak hanya itu, mobil kita memiliki indikator bensin yang harus diisi dengan mencari tukang bensin eceran. Kita pun juga harus memperhatikan perempatan yang dijaga oleh polisi untuk menghindari tilang bila melanggar lampu merah.

Sebagai sopir angkot, tentu saja permainan terpusat dengan menaik-turunkan penumpang angkot. Calon penumpang dengan balon dialog didekati dan mereka akan masuk ke dalam angkot. Mereka akan turun dengan perintah "kiri" dan angkot harus segera berhenti agar mendapatkan tip. 

Jika berhenti terlalu jauh, maka penumpang akan kecewa dan reputasi akan jatuh. Setiap penumpang yang diangkut akan memberikan uang kepada pemain sebesar Rp 2.000. Bila menyetirnya bagus, maka mereka akan memberikan tip Rp 1.000.

Dalam permainan ini, kita bisa memilih jenis angkot yang memiliki spesifikasi tertentu, lengkap dengan opsi untuk menghiasinya menggunakan berbagai tempelan.


Cara Bermain
Jika hendak menaikkan dan menurunkan penumpang maka sopir harus memilih lajur kiri. tombol-tombol yang digunakan pada keyboard adalah sebagai berikut :
- panah kiri / A :  belok kiri
- panah bawah / W : Gas
- panah atas / S :  rem
- panah kanan / D : belok kanan
- C : ganti sudut pandang
- Spasi : rem tangan
- H : klakson
- < : stasiun radio sebelumnya
- > : stasiun radio berikutnya
- - : mengecilkan suara radio
- + : membesarkan suara radio
Panduan Bermain - Keyboard

Panduan bermain - Gamepad


Video Trailer
Play Demo dapat dilihat dibawah ini

Game dinilai dari unsur realitas
Realitas Fakta
- Mobil Angkot didesain sesuai dengan aslinya
Stiker "Berkeringat Demi Keluarga"
- Latar belakang kota yang digunakan  sesuai dengan aslinya, yaitu suasana Kota Bandung
- Bahasa yang digunakan oleh percakapan penumpang sesuai dengan aslinya, yaitu Bahasa Sunda
- Terdapat pedagang kaki lima yang membuka rombong di tepi jalan yang sesuai keadaan aslinya
- model pilihan jenis mobil angkot sesuai dengan aslinya, yaitu jenis carry  dan minibus
- terdapat pedagang bensin eceran seperti keadaan kota-kota di Indonesia
- sopir angkot bisa mendengarkan radio yang terdapat di dalam mobil, sesuai dengan aslinya. dan lagu-lagu tersebut merupakan lagu-lagu yang ada dan sesuai dengan aslinya, sehingga sopir bisa menikmati perjalanannya
- saluran dan acara televisi pada kamar sopir merupakan tayangan stasiun televisi sungguhan, seperti Eat Bulaga pada SCTV dan Tembang Kenangan pada TVRI
Stasiun TV Kamar Sopir


Realitas Random
- Di jalan raya akan bertemu macam-macam pengendara yang berlalu lalang, seperti bertemu pengendara motor bebek dan honda scopy, pengemudi mobil sedan dan jip
-  adanya calon penumpang yang menunggu di kiri jalan
Naik-Turun Penumpang
-  adanya penumpang yang ingin turun di suatu tempat tertentu
-  penumpang bermacam-macam dan berbagai usia
- sewaktu-waktu terjadi Kecelakaan, yaitu adanya kendaraan yang tiba-tiba muncul dan menindih mobil lain sehingga terguling di tengah jalan

Realitas Proses (Sebab-Akibat)
- Cara mengendalikan angkot sama seperti aslinya, yaitu bermain dengan setir, gas, rem serta klakson
- Jika sopir menurunkan penumpang terlalu jauh dari tempat yang dikehendaki penumpang tersebut, maka penumpang akan menggerutu dan nilai reputasi sopir menurun
- Jika sopir mengemudi angkot dengan mulus dan lancar, maka penumpang akan senang dan akan memberikan tips Rp. 1000,00
Penumpang membayar
-  Sopir angkot yang banyak mengumpulkan uang dari hasil menarik angkot, maka akan menjadi kaya dan dapat memodifikasi sparepart mobil dan stiker tempelan pada kaca mobil angkot
Modifikasi Mobil Angkot
-  Jika ada kemacetan maka sopir harus mengurangi kecepatan
-  Jika terdapat rambu-rambu lalu lintas untuk larangan angkot memasuki jalur tersebut, maka sopir harus memilih jalur lain
-  Jika sopir ingin membeli bensin maka harus mengeluarkan sejumlah uang
-  Jika ingin menaikkan penumpang, maka sopir harus memilih lajur kiri dan berhenti di depan calon penumpang tersebut. begitu juga sebaliknya jika ingin menurunkan penumpang, maka sopir harus memiih lajur kiri dan menurunkan penumpang tersebut
- terdapat beberapa misi / tujuan sopir tersebut menarik angkot : 1) misi Narik, hanya bertujan untuk mencari penumpang, 2) misi Lebaran, maka akan membawa sekumpulan orang yang sudah memesan angkot beserta barang bawaan mudik
Misi Lebaran


Realitas Fisika
- Jika sopir menambah gas, maka kecepatan mobil akan bertambah (GLBB)
- Bila sopir menggunakan rem, maka kecepatan mobil berkurang dan lama-lama mobil angkot akan berhenti (Gaya Gesek, dimana v=0)
- Jika sopir menabrak pengendara lain, maka terjadi tumbukan  (Hukum Newton III tentang Aksi Reaksi)
Kecelakaan
Penumpang terguncang
- Jika sopir menerobos trotoar jalan maka isi mobil angkot (penumpang) akan terguncang atau barang bawaan mudik penumpang akan jatuh (Hukum Newton III tentang Aksi Reaksi)
- Terdapat indikator bensin, dimana sewaktu-waktu setelah perjalanan maka bensin mobil akan habis, dan sopir harus membeli bensin eceran untuk pengisian bahan bakar agar dapat melanjutkan perjalanan (Hukum Energi)
Mengisi bahan bakar
- pada saat terjadi tumbukan pada saat kecelakaan, maka pengendara akan terjatuh kebawah (gravitasi)
- ketika sopir membanting setir ke kiri atau kanan maka mobil akan membelok (kinematika)

Realitas Audio
-  terdengar suara mesin angkot
- terdengar suara percakapan penumpang di dalam angkot sehingga kita merasakan seolah-olah seperti berada di angkot tersebut
- suara musik yang berasal dari radio mobil angkot, ketika sopir membunyikan radio

Realitas Visual
- mobil angkot (3D) terdiri dari komponen mobil yang lengkap beserta sparepart dan stiker tempelan di kaca belakang
- gedung dan bangunan kota (3D) dibuat sama persis seperti aslinya, seperti ruko, masjid, rumah, dsb
- jembatan penyeberangan (3D) terdapat baliho (3D) dibuat sesuai aslinya dengan terdapat iklan didalamnya
- Trotoar (3D), diatas trotoar terdapat pedagang kaki lima yang berjualan, tempat sampah yang tersedia, serta para pejalan kaki dan calon penumpang yang menunggu
- Terminal angkot, berisi beberapa angkot yang berada disana yang sedang beristirahat atau bahkan hendak berangkat
- kamar sopir (3D), lengkap seperti keadaan sebuah kamar di Indonesia pada umumnya
Kamar Pak Sopir


Fitur Unik
Daftar Sopir Paling kaya
Pada ATG akan tercatat daftar sopir angkot paling kaya, yang dilengkapi dengan data lama waktu menarik angkot, jumlah terjun lapangan, dan jumlah penumpang serta total pendapatan

Profil Penulis

Nama  :  Ika Ayu Rahmania Islam
NRP   :  5111100201
Kelas  :  Realitas Virtual B

User Angkot The Game : BungPendik